INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Wakil Bupati Barsel: Tak Miliki Ketrampilan Generasi Muda Siap Tersingkir

Rabu, 4 September 2019

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir menyebutkan generasi muda tak memiliki ketrampilan siap-siap tersingkir.

Menurutnya, pemuda atau generasi muda merupakan agen inovasi yang harus terus bergerak mencari pengetahuan dan keterampilan, serta tidak boleh pasrah dengan keadaan.

Apalagi, lanjut dia, di zaman yang serba modern saat ini, generasi muda dituntut lebih kreatif dan wajib memiliki keahlian sebagai modal mencari pekerjaan.

“Apabila para generasi muda tidak memiliki ketrampilan di zaman serba modern ini, maka siap-siap tersingkir,” kata Aty Djoedir.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah pengganguran sampai saat ini terbilang masih belum teratasi dengan baik. Hal itu disebabkan beberapa faktor.

Di antaranya keterbatasan lapangan pekerjaan yang tersedia bagi para pencari kerja. Kemudian rendahnya kompetensi tenaga kerja yang dipersyaratkan oleh penyedia lapangan kerja itu sendiri.

“Sebetulnya kalau ada kreativitas dan keterampilan, peluang untuk membuka usaha atau menjadi seorang wiraswasta cukup terbuka lebar,” jelas dia.

Menurutnya, perekonomian di Barito Selatan sekarang ini lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Hal itu, lanjut dia, terlihat dari maraknya bangunan pertokoan dan inventasi bidang jasa. Sebagai masyarakat lokal apabila ingin bersaing tentunya harus memiliki kemampuan dan keterampilan mumpuni.

“Karena tak sedikit kita lihat warga luar Barsel yang mengadu nasib di sini, jika pemuda kita tidak bisa bersaing maka otomatis akan tersingkir,” ucap dia.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :