INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Wabup Minta Seluruh Kepala Desa Segera Menyusun APBDes

Kamis, 9 Januari 2020

Seluruh kepala desa di daerah Barito Selatan diminta oleh Satya Titiek Atyani Djoedir, selaku Wakil Bupati barito selatan, untuk segera menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020 agar pelaksanaan program bisa lebih awal.

"Agar percepatan penyaluran Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) pada 2020 ini terlaksana, penyusunan APBDes ini harus segera dilakukan," katanya saat menghadiri rapat koordinasi percepatan pelaksanaan penyaluran ADD dan DD 2020, serta pengelolaan administrasi keuangan desa di Buntok, Rabu.

Menurutnya, jika dana desa cepat disalurkan sesuai dengan tahapannya, maka program yang telah direncanakan dalam APBDes tersebut bisa berjalan secara maksimal dan tepat waktu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan APBDes adalah semua harus benar-benar sesuai dengan aturan. Selain itu juga harus memperhatikan skala prioritas, sehingga pembangunan yang dilaksanakan menggunakan dana desa bisa dirasakan oleh masyarakat di desa masing-masing.

Dalam penyusunannya juga kata dia, harus bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) karena BPD merupakan perwakilan dari masyarakat desa.

Kepala desa dan BPD harus menjaga hubungan yang harmonis dan sinergitas yang baik. BPD dan kepala desa jangan sampai berseberangan karena keduanya harus bekerjasama dalam membangun desa masing-masing, sehingga bisa menjadi lebih maju.

Titiek Atyani juga meminta kepada masing masing desa agar bisa menjalin bekerjasama dengan pemerintah kabupaten supaya pelaksanaan pembangunan dapat sejalan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten ini akan terus meningkat.

"Mari kita bersama-sama membangun desa, supaya desa bisa menjadi lebih maju lagi kedepannya," katanya.

Terkait keterlambatan penyaluran dana desa pada 2019 lalu, dia berjanji akan melaksanakan rapat dengan pihak Bank Pembangunan Kalteng (BPK) Cabang Buntok, dan Bank Rakyat Indonesia Cabang Buntok untuk mengetahui kendalanya, supaya penyaluran dana desa pada 2020 ini tidak mengalami keterlambatan seperti tahun sebelumnya.

"Saya nantinya akan turun ke setiap desa untuk memantau sejauhmana pelaksanaan pembangunan menggunakan DD dan ADD," ucapnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) Barito Selatan Akhmad Haitami menyampaikan kegiatan rapat koordinasi ini dalam upaya percepatan penyaluran dana desa pada 2020 ini.

"Karena selama ini penyaluran dana desa selalu mengalami keterlambatan, apalagi presiden sudah menyatakan bahwa dana desa harus bisa tersalurkan dengan baik, makanya kita melaksanakan rapat koordinasi ini," terangnya.

Akhmad Haitami berharap, setelah kegiatan ini, kepala desa dapat menindaklanjuti dengan mempercepat penyusunan APBDes. Pihaknya akan selalu siap mendampingi desa, supaya dalam penyusunannya tidak terjadi kesalahan.

Acara rapat koordinasi percepatan pelaksanaan penyaluran ADD dan DD 2020, serta pengelolaan administrasi keuangan desa yang berlangsung di aula kantor DSPMD Barito Selatan itu dihadiri seluruh kepala desa di wilayah setempat.

 

(Sumber : antaranews/mr)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :