INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Wabup Jelaskan Kewajiban Miliki Akta Kelahiran

Rabu, 9 September 2020

 

Pemerintah Kabu­paten Barito Selatan (Barsel) me­wajibkan anak usia 0-1 tahun harus memiliki akta kelahiran. Kare­na surat tanda kenal kelahiran ini sangat penting. Mengingat pada usia tersebut, anak belum memiliki tanda pengenal diri seperti halnya kartu tanda penduduk (KTP) bagi orang dewasa.

“Usia anak 0-1 tahun wajib me­miliki akta kelahiran itu merupak­an amanat di dalam Undang-Un­dang (UU) Nomor 23/2006 tentang administrasi kependudukan, sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 24/2013 tentang admin­istrasi kependudukan,” kata Wakil Bupati Barito Selatan Ibu Satya Titiek Atyani Djoedir, Selasa (8/9) kemarin.

Menurut Ibu Wakil Bupati Barsel, berdasarkan undang-undang, menyatakan bah­wa anak usia 0-1 tahun wajib memi­liki dokumen kependudukan beru­pa akta kelahiran. Hal itu sebagai bukti legalitas formal setiap warga negara yang tertuang dalam Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 23/2012 tentang perlindungan anak. 

Pemerintah daerah, kata Ibu Wakil, juga berharap, agar adanya kesa­maan alur pelayanan antara Dis­dukcapil dan bidan selaku mitra kerja di lapangan atau di tengah masyarakat. Supaya implementasi UU tersebut bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan, terutama dalam hal pelayanan pencatatan sipil terakit akta kelahiran.

“Untuk menyebarluaskan infor­masi tersebut, pemkab melalui Dis­dukcapil telah menggelar sosialisasi sejak tahun-tahun sebelumnya den­gan mengirim surat ke kecamatan/ kelurahan dan desa,” ungkap Beliau.

Sementara Kepala Disdukcapil Barsel Bapak Drs Nyamei Tumbai men­gatakan, syarat untuk membuat akta kelahiran tersebut yakni foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), surat nikah orang tua, surat keterangan kelahi­ran dari bidan, surat pengantar dari lurah/kades dan mengisi formulir yang disediakan. Dan untuk membuat akta kelahiran terse­but gratis.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :