INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Untuk Menambah SDM Konstruksi, Barsel Gelar Pelatihan dan Sertifikasi SKT

Rabu, 28 Juli 2021

 

Dinas PUPR Kabupaten menggelar pelatihan dan sertifikasi tenaga Terampil Konstruksi (SKT) yang dibuka oleh Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, S.T. di aula Pramuka Barsel.

Bapak Bupati mengatakan, pelatihan ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti semua pekerja konstruksi.

“Kegiatan ini kiranya bisa menambah wawasan dan SDM untuk tenaga Kontruksi di Kabupaten Barsel ini,” kata Bapak Bupati Barsel usai pembukaan pelatihan.

Masih kata Bapak Bupati, pelatihan diharapkan selain menambah wawasan juga mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga konstruksi.

“Kiranya dari segi pembangunan konstruksi kita bisa lebih meningkat lagi kualitas pembangunannya dan segi profesionalnya dan tentunya kita juga berharap segi pembangunan di Barsel nanti menghasilkan hasil volume dan kualitas yang luar biasa,” pinta Bapak Bupati Barsel.

Beliau sekaligus mengucapkan sukes kepada Kadis PUPR atas terlaksananya kegiatan ini dan kiranya dapat berjalan dengan lancar sebagai mana mestinya.

“Kiranya pelatihan seperti ini bisa terus terjadwal dan terlaksana setiap tahunnya, guna melahirkan tenaga konStruksi yang berkualitas di Barsel ini kapan perlu mampu bersaing di Kabupaten lain,” harap beliau.

Di tempat yang sama, Kadis PUPR Barsel Ibu Ita Minarni ST mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sudah berdasarkan, aturan yang akan diterapkan pada pelaksanaan nanti di lapangan.

“Sehingga jika yang sudah mengikuti pelatihan ini, mereka semua akan dapat mengetahui semua aturan sdan spel teknis untuk semua di lapangan nanti,” ucap Bu Ita.

Kadis PUPR Barsel Ibu Ita Minarni ST juga berharap dengan adanya pelatihan ini yang sudah mendapatkan pelatihan dari Balai Banjarmasin, kiranya mereka mendapatkan SDM yang sesuai dengan aturan yang berlaku di lapangan.

“Sehingga saat pelaksanaan di lapangan nanti, mereka dapat bekerja secara profesional dan lebih baik lagi,” tandasnya.

(sumber : kanalkalimantanbarsel/dg-e:is)

 

Selanjutnya

 

Sebanyak 86 orang peserta mengikuti pelatihan teknis dan sertifikasi tenaga terampil kontruksi di Barito Selatan. Kegiatan berlangsung di Sanggar Pramuka, di Buntok, Rabu lalu.

Bupati Barsel, Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan DPUPR ini sangat diperlukan. "Karena kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga-tenaga ahli yang terampil dalam bidang kontruksi," kata beliau.

Menurut Bapak Bupati, melalui kegiatan itu tenaga terampil akan mendapatkan sertifikasi atas keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh lembaga yang berwenang.

Beliau pun berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif berupa meningkatnya keahlian dan keterampilan baik secara individual maupun badan usaha.

Hal ini dapat menjadi modal awal dalam menghadapi dinamika dan perkembangan disektor jasa kontruksi di Barito Selatan.

Bapak Bupati Barsel melanjutkan, kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga kontruksi terampil itu sesuai dengan RKPD 2021 yakni peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan pendidikan, kesehatan, dan investasi produk unggulan daerah.

"Dengan adanya tenaga ahli dan terampil ini, saya yakin, kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengejar ketertinggalan infrastruktur dan yang lebih penting lagi, saya menginginkan ada peningkatan kualitas dalam pembangunan infrastruktur," ungkap beliau.

Sebab sertifikasi merupakan parameter keahlian bagi pemiliknya, dan untuk itu beliau meminta kualitasnya harus benar-benar diperhatikan sesuai standar yang berlaku.

Bapak Bupati Barsel juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknologi sehingga bisa tepat sasaran.

Saat ini, banyak tenaga terampil, namun tidak semua memiliki sertifikat keahlian dibidangnya dan dengan pelatihan jasa kontruksi dan sertifikasi itu dapat mengakomodir potensi yang ada, sehingga mereka nantinya mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

"Kita berharap semua badan usaha di daerah ini memiliki dan mempekerjakan tenaga kerja yang profesional dan bersertifikasi agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan, sehingga tidak ada masalah dikemudian hari," ucap beliau.

Sementara itu, Kepala DPUPR Barsel, Ibu Ita Minarni mengatakan, untuk pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pelatihan dilaksanakan dengan dua sesi dalam upaya menerapkan protokol kesehatan dan kedepan pelatihan akan dilaksanakan dengan sistem zoom," ucap Bu Ita Minarni.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini dari Balai Bina Jasa Kontruksi wilayah V Banjarmasin Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Untuk peserta yang mengikuti pelatihan tersebut berasal dari persatuan tenaga kerja dari sejumlah kecamatan dan dari jasa kontruksi yang ada di Barito Selatan," Bu Ita Minarni Menjelaskan.

(sumber : borneonews.barsel/e:is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :