INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

TMMD Mempunyai Seribu Manfaat

Senin, 14 Oktober 2019

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMDke-106, di pusatkan di Desa Bintang Ara, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan.

TMMD ini merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI dalam hal ini Kodim 1012 Buntok dengan Pemkab Barito Selatan yang dilaksanakan secara terpadu untuk meningkatkan pembangunan didaerah pedesaan.

Berbagai kegiatan pun dilaksanakan mulai dari pekerjaan fisik dan non fisik dari pembukaan jalan baru hingga membuka wawasan masyarakat desa tetang arti berbangsa dan bernegara.

“Di mata kami kegiatan TMMD ini sangat membantu, karena dinilai kegiatan yang dilaksanakan merupakan program seribu manfaat bagi kami warga Desa Bintang Ara,” kata Didius salah satu warga Desa Bintang Ara, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Ia menceritakan, kegiatan yang sedang dilaksanakan TNI selain merintis pembukaan jalan, juga membangun Musala, Pos Kamling serta merenovasi dan membersihkan rumah ibadah.

Mereka dalam hal ini Satgas TNI bekerja tampak penuh semangat karena didukung dan dibantu oleh warga desa setempat. Semangat gotong royong pun semakin terasa antara warga dan TNI.

Warga pun, memberikan apresiasi dan terima kasihnya atas kepedulian TNI terutama untuk merenovasi tempat ibadah. Hal ini merupakan salah satu upaya menjaga terjalinnya kebhinekaan sesama warga.

“Meski kita tinggal di Desa, namun warganya cukup beragam ada yang beragama Muslim, Kristen dan Hindu,” beber dia.

Sekali lagi pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI Karena sebelumnya pihaknya tidak pernah membayangkan impian selama bertahun-tahun akan terwujud yakni jalan tembus dari Bintang Ara-Desa Malungai Raya.

Dengan hadirnya TMMD ditengah masyarakat kecil, sejatinya satu program dengan beribu manfaat. Ini membuktikan bahwa TNI akan selalu bersama rakyat sebagai teman, keluarga dan pelindungnya.

Sementara itu, Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Tuwadi mengaku sangat terharu karena sangat luar biasa adalah rasa toleransi antar umat beragama sangat terjaga.

Mereka saling membantu dalam penyelesaian tempat ibadah walaupun tidak seagama terlihat sangat indah. Pemandangan inilah menjadi salah satu indikator program TMMD ke-106.

Ia menyebutkan, menumbuhkan rasa kegotong royongan antar masyarakat merupakan tujuan lain dari TMMD.

“Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat dan menumbuhkan sifat gotong royong serta menjaga kerukunan antar umat beragama, sehingga tercipta rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh,” ucap dia.

Ia menjelaskan, tidak hanya pada aspek infrastruktur saja, TMMD juga bergerak pada kegiatan nonfisik, mulai dari pengobatan massal dan pelayanan KB, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan bela negara, serta penyuluhan kamtibmas.

Dirinya juga membeberkan, dukungan pun mengalir dari pemerintah dan masyarakat beberapa waktu lalu DPMD Provinsi Kalteng turut membantu bahan baku bangunan dalam mendukung kegiatan TMMD ini.

Serta kegiatan yang dilakukan selain membuka jalan tembus dari Desa Bintang Ara menuju Desa Malungai Raya, juga membangun Musala, Pos Kamling, renovasi rumah ibadah.

“Untuk renovasi rumah ibadah ini kita telah melakukan pembersihan serta pengecetan. Diantaranya, Gereja dan Balai Basarah Hindu Kaharingan, serta membangun Musala. Hal ini dilakukan agar masyarakat nyaman dalam beribadah,” beber dia.

Selain itu, sambung dia, untuk jalan yang dibuka telah dilakukan pengecekan oleh tim Taknis dari DPURP Barsel. Pembukaan Jalan tersebut dikatan mantap.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :