INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Tanggungan Peserta BPJS Kelas III Hingga Juni 2020 Tercatat 12.874 Orang

Senin, 15 Juni 2020

 

Iuran kelas 3 peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang pembayarannya ditanggung pemerintah kabupaten (pemkab) mendapat subsidi dari pemerintah pusat.

Hal ini dikatakan Sekda Barsel Bapak Eddy Purwanto usai melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan BPJS Cabang Muara Teweh yang membahas adendum atau perubahan kerja sama mengenai besaran iuran peserta BPJS kelas III di Buntok, Jumat (12/6) lalu.

Lanjut beliau, untuk besaran iuran peserta BPJS kelas III bagi masyarakat miskin yang sebelumnya dibayarkan Pemkab Barsel sebesar Rp 42 ribu/orang setiap bulan itu akan dibayarkan Rp 25.500. Sedangkan Rp 16.500 disubsidi pemerintah pusat.

Menurut Bapak Sekda, hal itu sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64/2020 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 82/2018 tentang jaminan kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS.

“Dengan adanya program dari pemerintah pusat itu, dan program ini tentunya sangat membantu Pemerintah Kabupaten Barito Selatan,” kata Bapak Eddy Purwanto.

Beliau mengungkapkan, untuk jumlah peserta BPJS kelas III yang iuran pesertanya ditanggung Pemkab Barito Selatan hingga Juni 2020 tercatat sebanyak 12.874 orang.

Dengan adanya program itu, tidak menutup kemungkinan jumlah peserta BPJS kelas III di daerah ini akan bertambah. Hal itu akibat terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk itu kita akan melakukan pendataan kembali terhadap masyarakat yang jatuh miskin akibat pandemi Covid-19 tersebut,” tegas Bapak Sekda Barsel.

(sumber : kaltengpos.co/is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :