INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

SOPD optimalkan pengelolaan dan fokus dalam menjalankan program

Selasa, 17 November 2020

 

Bupati  Barito Selatan (Barsel) Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. tak pernah henti-hentinya untuk terus mengingatkan agar Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk bercermin dari pengalaman beberapa tahun yang lalu dalam memperbaiki pengelolaan keuangan daerah yang dinilai belum optimal.  

“SOPD diminta fokus menjalankan program yang disusun, dengan mengutamakan anggaran berbasis kinerja, serta mengedepankan prinsif tepat sasaran dan tertib administrasi,” kata Bapak Bupati  Barito Selatan (Barsel) Senin (16/11) kemarin.

Beliau mengatakan, pemerintahan Barsel di tahun 2020 ini perlu menguatkan komitmen bersama untuk membenahi pengelolaan keuangan daerah. 

Mulai dari pengelola keuangan dan bendahara SOPD, hingga teknis yang khusus mengelolanya.

Beliau juga mengungkapkan, dalam pengelola keuangan daerah diminta kreatif dalam membenahi hal itu, termasuk membuat terobosan berupa sistem pengelolaan yang efektif dan efisien. Namun tetap mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku.

Bupati  Barito Selatan (Barsel) Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. berharap, supaya SOPD diminta fokus dalam menjalankan program yang melekat pada bidangnya masing-masing.

Anggaran yang teralokasi di tahun 2020, harus diserap secara optimal, didukung pelaporan keuangan yang tertib administrasi. 

“Jangan sampai, permasalahan klasik kembali terjadi, yaitu penumpukan anggaran di akhir tahun,” terang Bapak Bupati.

Beliau mengimbau, agar SOPD terus meningkatkan koordinasi, monitoring dan evaluasi dalam mengawal program, agar setiap kendala dalam upaya realisasi mampu teratasi.

Menurut Bapak Bupati, mengoptimalkan penyerapan anggaran dan percepatan pelaporan keuangan setiap tahunnya, diharapkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan semakin baik.

“Karena  program yang dijalankan sesuai harapan bersama dan menyentuh keinginan masyarakat,” ucap beliau.

Perlu diketahui, bahwa seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang merupakan aparatur pemerintah dalam menjalankan tugasnya harus mempunyai komitmen tinggi. 

“Selain komitmen tinggi, PNS juga harus bersikap adil dan bertanggungjawab,” tegas beliau.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, PNS juga harus bisa menjalankan fungsi dan tugasnya dengan profesional, karena di dalam pribadinya sudah melekat tiga aspek penting yang harus dijalankannya. 

“Tiga aspek itu, PNS harus memiliki prsestasi, dedikasi serta kedisiplinan,” unkap beliau.

Diketahui bersama, bahwa seorang calon PNS sebelum menjadi PNS, terlebih dulu diberikan pendidikan  dasar berupa diklat. Yang tujuannya, untuk mengetahui  peraturan dan perundang-undangan dalam menjalankan tugasnya sebagai aparatur. 

“Pada intinya setiap PNS harus berpedoman pada ketentuan dan perundang - undangan yang berlaku dan disisi lain harus memperhatikan pula nilai budaya serta kearifan lokal yang masih tetap terpelihara oleh masyarakat,” ujar Bapak Bupati Barsel.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :