INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

sektor pendidikan menjadi program prioritas pemerintah daerah

Jumat, 25 September 2020

 

Pemerintah Daerah Barsel berjanji akan terus menggenjot sektor pendidikan di tahun 2021. Hal tersebut, disampaikan Bupati Barsel Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T.  usai menghadiri sidang paripurna di gedung Graha Pena DPRD Barsel, Kamis kemarin.

Bapak Bupati Barsel mengatakan, sektor pendidikan merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah setiap tahunnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga mampu bersaing dengan SDM dari daerah yang sudah maju.

“Dengan memiliki SDM yang handal dan profesional, maka akan sangat membantu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan roda pembangunan daerah dari tahun ke tahun,” terang Bapak Bupati.

Bupati Barsel Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. mengatakan,  memang dalam meningkatkan sektor pendidikan diperlukan anggaran dana yang tidak sedikit.

Bahkan, dari dua puluh persen dana APBD Barsel, APBD Provinsi Kalteng  termasuk   dua puluh persen bantuan dari APBN pada tahun-tahun sebelumnya, masih belum mampu meningkatkan  bidang pendidikan di daerah berjuluk Dahani  Dahanai Tuntung Tulus.

Kendati demikian, di tahun 2021 dan tahun selanjutnya, pemerintah akan lebih memaksimalkan dana anggaran, sehingga sector pendidikan bisa lebih ditingkatkan.

Perlu diketahui, kata beliau, bahwa masih ada banyak sarana dan pra sarana di sekolah di Barsel masih perlu mendapat perhatian serius dalam pembangunannya. “Termasuk hal-hal lain yang menyangkut kelancaran dalam proses belajar mengajar,” ungkap beliau.

Bapak Bupati menambahkan, di Barsel tingkat pendidikan yang dimiliki masyarakat masih sangat rendah. Pasalnya, hampir  tujuh puluh persen dari masyarakat pendidikannya hanya tamat  Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama  (SLTP).

Maka dari itu, pemerintah daerah Barsel telah mempunyai program wajib belajar 12 tahun, bagi masyarakat yang dianggap kurang mampu.   Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun itu, kiranya  dapat didukung semua pihak , sehingga harapan pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM bisa benar-benar  terlaksana.

“Dengan baiknya SDM di Barsel, maka akan berpengaruh pula terhadap tingkat kemajuan daerah dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya,” terang Bapak Bupati Barsel.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :