INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Puskesmas Buntok Gelar Lomba Senam CTPS Tingkat Sekolah Dasar

Jumat, 1 November 2019

UPTD Puskesmas Buntok Kota bekerjasama dengan Dinkes Barsel melakasanakan lomba senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), tingkat Sekolah Dasar (SD). Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Jaro Pirarahan, Kamis (31/10).

Kepala UPTD Puskesmas Buntok Maya Evana mengatakan, lomba ini sekaligus dalam rangka melaksanakan program promosi kesehatan. Terutama dalam menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi lomba senam CTPS ini sekaligus program kita untuk promosi kesehatan di wilayah Puskesmas Buntok Kota,” kata Maya kepada Kanalkalimantan.com, usai acara.

Ia juga mengatakan, dalam rangka menyambut hari kesehatan nasional ke-55 pada  12 November ini, pihaknya memasyarakatkan senam CTPS ini juga merupakan salah satu prilaku hidup sehat. “Jadi selain promosi kesehatan kita juga sekaligus ingin menciptakan pola hidup bersih dan sehat lewat CTPS ini,” ucap Maya.

Lebih lanjut olehnya kegiatan ini bertujuan untuk mengajak terutama anak-anak di SD mencuci tangan pakai sabun yang dibiasakan sejak dini, sehingga pola hidup bersih bisa dimulai sejak dini. “Kita ingin anak sudah biasa sejak dini hidup bersih dengan mencuci tangan pakai sabun sudah bisa menghilangkan kuman-kuman yang ada di tangan setelah beraktivitas,” ujar Maya.

Di tempat yang sama Kepala Dinkes melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Zainah Rusiana mengatakan, lomba senam CTPS sekaligus dalam rangka komitmen dengan WHO yang memperingati hari CTPS yang jatuh pada 15 Oktober lalu. “Jadi kegiatan ini selain dalam rangka menjelang hari kesehatan nasional sekaligus memperingati hari CTPS sesuai komitmen dengan WHO,” ucap Zainah.

Ditambahkan olehnya sekaligus berharap dengan adanya kegiatan ini kiranya bisa berdapmfak hingga kesekolah yang difasilitasi oleh Diknas, dengan menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun. “Kita berharap dengan adanya lomba ini nantinya bisa diterapkan pula hingga di sekolah dengan disediakannya fasilitas cuci tangan,” pungkas Zainah.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :