INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Polres Barito Selatan Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Jumat, 27 September 2019

Jajaran Polres Barito Selatan melaksanakan apel gelar pasukan pengaman jelang Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak tahun 2019. Di Mapolres Lama, Kamis, 26 September 2019.

Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan mengatakan, Pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala Desanya.

Menurutnya, agenda demokrasi pada pilkades seperti penyampaian pendapat dimuka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan pemilihan langsung oleh publik memilih Kades merupakan tanggung jawab bersama.

“Karena Pilkades serentak tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas dimasing-masing desanya,” kata Wahid Kurniawan.

Ia menjelaskan, dalam kacamata Kamtibmas peningkatan intensitas politik bisa memunculkan potensi kerawanan dalam masyarakat.

Diantaranya, lanjut dia, yang menjadi perhatian pihaknya pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan serta penyebaran hoax dan hate speech yang menimbulkan potensi konflik social dimasyarakat.

“Untuk itu kita dalam hal ini Polri dibantu TNI dan pemangku kepentingan selalu mengedapankan kegiatan preemtif dan preventif yangdidukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum,” tandas dia.

Serta, lanjut dia, melalui penggelaran fungsi Kepolisian dalam bentuk satua tugas khusus menangani masalah di masyarakat selama gelaran pilkades.

“Saya tekankan Polres Barsel berkomitmen bekerja keras untukmenjamin penyelenggaraan Pilkades serentak berjalan, aman, damai dan lancar,” ucap dia.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :