INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Perusahaan Diminta Informasikan Kebutuhan Tenaga Kerja

Selasa, 15 Oktober 2019

Ketua Komisi III DPRD Barito Seltan (Barsel) H Zainal Khairudin meminta pemilik perusahaan bisa menginformasikan kebutuhan tenaga kerja kepada pemerintah daerah.

“Dengan diinformasikan kebutuhan tenaga kerja tersebut, diharapkan bisa mempermudah pemerintah daerah mengarahkan warga untuk ikut serta dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja,” kata Zainal.

Masih kata Zainal, selain mempermudah pemerintah daerah dalam mengarahkan tenaga kerja, informasi kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan terkait juga untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal dengan berbagai keterampilan dasar.

Menurutnya, bagaimanapun juga tenaga kerja lokal harus lebih diutamakan dalam mendapatkan kesempatan kerja di setiap perusahaan yang beroperasi di Barsel ini.

“Dengan adanya prioritas tenaga kerja mendapatkan pekerjaan diharapkan bisa mengurangi pengangguran di Barsel. Suatu hal yang percuma jika tenaga kerja lokal tidak mendapat prioritas, terus untuk apa perusahaan itu beroperasi di Barsel, namun tidak menyerap atau memanfaatkan tenaga kerja lokal,” tegas Zainal.

Ia mengatakan, dengan sistem perekrutan yang diwajibkan melalui pemerintah daerah diharapkan bisa berdampak kepada penekanan angka pengangguran, selain itu juga bisa memaksimalkan fungsi dari Balai Latihan kerja (BLK).

Dirinya mengakui jika sejauh ini pihaknya kerap menemui kesulitan warga untuk ikut ambil bagian dalam dunia investasi itu, bahkan keseringan ditolak dengan berbagai alasan.

“Lantaran kemampuan sumber daya manusia (SDM) kita memang belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tetapi tidak semua, perusahaaan juga jangan semena-mena main tolak karena banyak juga warga yang mencoba kualifikasi dan kompetensi sangat mumpuni,” tandas Zainal.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :