INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Perpustakaan Harus Dikelola Secara Profesional dan Memiliki Daya Saing Tinggi

Jumat, 6 September 2019

Perpustakaan merupakan wahana, sumber ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. Perpustakaan juga merupakan sarana pembelajaran sepanjang hayat yang berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perpustkaan dan Arsip Provinsi Kalteng melalui Kabid Layanannya, Kuntep Berkat Asi, Kamis (5/9).Ia mengatakan, bahwa sumber daya manusia (SDM) sebagai pengelola perpustakaan merupakan salah satu unsur penting dalam suatu kelembagaan dan merupakan motor penggerak dalam melayani masyarakat, baik bersifat formal maupun non formal. 

Kuntep Berkat Asi menjelaskan, berdasarkan undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, dimana perpustakaan harus dikelola secara profesional dan memiliki daya saing tinggi dalam rangka mewujudkan  pembangunan bangsa yang berkualitas.

“Maka dari itu pengelolanya harus diberikan pembinaan dan pendidikan secara berkesinambungan setiap tahunnya,”terangnya.

Sementara Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST mengatakan, bahwa keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan akan dapat dicapai dengan melibatkan peran serta semua komponen. “Baik di tingkat pusat, provinsi, Kabupaten/kota sampai ke tingkat pedesaan,”katanya.  

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi yang terus dilakukan setiap tahunnya, terutama bagi tenaga pengelola perpustakaan di Kabupaten Barsel, sangat diyakini SDM di tingkat desa akan dapat diandalkan dalam menunjang lajunya pembangunan.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :