INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Pemkab Barsel mengimbau Dewan Ketahanan Pangan (DKP) setempat bisa merumuskan kebijakan dalam mewujudkan ketahanan pangan

Jumat, 18 September 2020

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir, menyerahkan simbolis 10 ribu masker pada sejumlah instansi untuk membantu dalam pemberian masker secara gratis

Pemkab  Barito Selatan (Barsel) mengimbau Dewan Ketahanan Pangan (DKP)  setempat bisa merumuskan kebijakan  dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Semua itu untuk mendorong keikutsertaan masyarakat dalam menyelenggarakan ketahanan pangan dan melaksanakan evaluasi maupun pengendalian perwujudan ketahanan pangan di Kalteng pada umumnya dan di Kabupaten  Barsel khususnya,” kata  Wakil Bupati Barsel, Ibu Satya Titiek Atyani Djoedir, Rabu (16/9) lalu.

Beliau mengatakan, DKP harus pula memperhatikan beberapa hal seperti ketersediaan pangan menyangkut peningkatan produksi pangan. Diantaranya,  peningkatan holtikultura, tanaman pangan, perikanan, peternakan dan perkebunan, serta penguatan cadangan pangan.

“Termamsuk distribusi pangan yang menyangkut infrastruktur yang merupakan akses ke desa dan wilayah terisolir, itu juga tugas DKP,” tegas Ibu Wabup.

Selain itu, tugas DKP  harus bisa meningkatkan diversifikasi konsumsi dan keamanan pangan, pemantauan, penindakan produk dan bahan pangan berbahaya, sehingga  bisa memenuhi standar kesehatan.

“Karena kalau pangan yang dikonsumsi tidak sehat, maka itu semua akan percuma,” kata beliau.

Ibu Wakil Bupati Barsel menjelaskan, telah ditekankan Presiden dengan mengeluarkan peraturan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal.

Bahkan, kata beliau,  dalam lampiran peraturan, hendaknya semua Bupati/Wali Kota selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota, harus  bertanggung jawab melaksanakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di wilayah masing masing.

 

(sumber : kaltengpos.co/e:is)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :