INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Pemerintah Kab. Barsel dan TP-PKK Barsel menggelar pencanangan Isi Piringku dan pencegahan Anemia

Kamis, 28 Maret 2019



Pemerintah Kab. Barsel dan TP-PKK Barsel menggelar pencanangan Isi Piringku dan pencegahan Anemia pada remaja putri dalam rangka cegah stunting Rabu, 27-3-2019 di GPU Jaro Pirarahan, Kota Buntok.

Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri menyampaikan, arah pembangunan kesehatan saat ini dititik beratlan pada upaya promotif, preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih efesien dari sisi ekonomi.

"Saat ini, Indonesia masih dihadapkan pada tantangan berbagai masalah gizi, yaitu masih tingginya prevalensi stunting, underweight (pendek, kurus, kurang gizi) dan anemia pada ibu hamil," ucapnya.

Ia menyebutkan, berbagai masalah gizi tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang dan akan menjadi beban negara akibat besarnya nilai ekonomi yang harus dikeluarkan sebagai dampak masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang menghambat peluang indonesia untuk menjadi negara maju.

“Permasalahan gizi saat ini baik gizi kurang termasuk stunting maupun gizi lebih terjadi hampir di seluruh strata ekonomi masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan,” ucap dia.

Sementara Ketua TP-PKK Barsel, Hj Permana Sari menuturkan, ini adalah upaya pemerintah untuk menurunkan dan mencegah stunting melalui edukasi pemenuhan gizi seimbang melalui pendekatan isi piringku.

"Isi piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, terdiri dari 50 persen buah, sayur, serta 50 persenya lagi terdiri dari karbohidrat dan protein," sebutnya.

Simpan sebagai :

Berita terkait :