INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Lokasi Pengembangan Perkebunan Rotan Capai 3.000 Hektare di 4 Kecamatan

Senin, 23 September 2019

Karet dan rotan merupakan primadona yang merupakan andalan bagi Barsel dalam setiap tahunnya. Sebab, dari luas hamparan wilayah Barsel, begitu banyak perkebunan karet dan rotan milik masyarakat, karena memang dari 85 persen penduduknya hidup dari bercocok tanam dengan cara berpindah-pindah, baik dalam hal perkebunan karet maupun rotan.

Seperti halnya luas  perkebunan rotan secara totalnya di Barsel mencapai 403.845 hektar di tiga kecamatan, dan mampu menghasilkan produksi mencapai 278.890 ton per tahunnya, dengan jumlah petani pengumpul kurang lebih 5.800 orang.

“Bahkan dari 5.800 orang petani pengumpul itu, hasil produksinya dari satu orang pengumpul saja bisa mencapai 19.000 ton per tahunnya,”terang Wabup Barsel Satya Titiek Atyani Djoedier Sabtu (21/9).

Wabup berjanji, untuk tahun-tahun selanjutnya, pemerintah akan melaksanakan lebih serius lagi dalam mengembangkan bidang perkebunan karet dan rotan di Barsel, terutama dalam hal membuka lahan seluas-luasnya bagi perkebunan karet dan rotan di lahan-lahan yang dianggap masih tidur dan fotensial.

Sebagai plening di tahun 2020 dan tahun selanjutnya, tambah Satya, pemerintah telah mendapatkan lokasi atau lahan untuk dijadikan pengembangan perkebunan rotan, di empat kecamatan yakni Kecamatan Karau Kuala, Dusun Selatan, Dusun Hilir dan Jenamas.

“Dari empat kecamatan itu luas lahan yang bakal dijadikan lokasi pengembangan perkebunan rotan mencapai 3.000 hektar,” pungkasnya.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :