INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Kepsek Harus Miliki Manejemen Berbasis Sekolah

Jumat, 25 Oktober 2019

 

Kepala sekolah (Kepsek) tidak hanya bisa menjadi manajer yang berkonsentrasi terhadap masalah anggaran dan persolan administratif saja.

Dikatakan, Kepsek juga harus mampu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Selain itu, kata dia, Kepsek juga harus bisa menciptakan iklim pembelajaran yang tertib, lancar dan efektif serta memiliki visi dan misi yang jelas. 

“Akan tetapi Kepsek dituntut wajib miliki Menejemen Berbasis Sekolah (MBS),” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Barsel, Su’aib MAP, Kamis (24/10).

Menurut dia, bahwa sekolah yang baik akan sangat tergantung dengan kepemimpinan dari seorang kepseknya.

“Sebab peran Kepsek, dewan guru serta pengawas adalah awal dari terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik, terlebih peran pengawas sangat dibutuhkan guna membina anak-anak filter masuk pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah,”terangnya.

“Karena keterampilan teknis berkaitan dengan keterampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode dan teknik maupun perlengkapan guna penyelesaian tugas tertentu,” pungkasnya.

Untuk mencapai efektifitas dalam kepimpinan Kepsek, kata dia, tentunya harus harus memiliki tiga keterampilan konseptual. Di antaranya, kata Su’aib, keterampilan memahami dan mengoperasikan organisasi. Selain itu, keterampilan manusiawi tentunya berkaitan dengan keterampilan bekerjasama dan memberikan motivasi yang dapat menggerakan.


Simpan sebagai :

Berita terkait :