INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Kemampuan Kades Harus Terasah dan Terus Belajar

Rabu, 23 Oktober 2019

 

Sekretaris Dinas Sosial dan PMDes Barsel Haitami mengatakan, aspirasi warga desa adalah tuntutan pembangunan desa. Pasalnya peran kades adalah pelaksana, sekaligus pengawal agar pembangunan yang berjalan sesuai harapan masyarakatnya. Hal itu disampaikannya, Selasa kemarin.

Perlu diketahui, kades juga dituntut mampu menjalin kerjasama bersama seluruh komponen masyarakat dan perangkat desa. “Hendaknya, setiap permasalahan dikomunikasikan lebih lanjut, supaya memudahkan pengambilan keputusan sebagai pemecahan persolan desa,”tukasnya.

Kades memiliki tugas, wewenang dan tanggung jawab memajukan desa, menjalankan amanah pemerintah secara disiplin, bertanggung jawab, serta mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

“Patut disadari bersama, sumber daya manusia sangat menentukan majunya sebuah desa. Kades harus terus belajar dan mengasah kemampuannya, untuk mengembangkan wilayah yang dipimpinnya,” jelasnya

Disamping itu, pejabat desa juga wajib mengimbangi tanggung jawab itu dengan pengembangan kompetensi diri, supaya mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kerakyatan, tambah dia.


Simpan sebagai :

Berita terkait :