INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Informasi Seputar JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan di Jenamas

Senin, 18 November 2019

 

BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memberikan pemberian informasi langsung terkait program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada masyarakat di Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Cipta Margana  di aula kantor Kecamatan Jenamas, Jumat 16 Agustus kemarin mengungkapkan kegiatan tersebut guna memastikan update informasi terbaru program JKN-KIS juga sampai hingga ke pedalaman desa.

“Program JKN-KIS merupakan milik seluruh masyarakat indonesia, tidak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman desa sekalipun. Di era digitalisasi sekarang masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan mungkin akan sangat mudah mengakses update informasi seputar program JKN-KIS melalui media sosial dan jaringan internet. Namun bagi mereka yang tinggal di pedalaman desa dengan keterbatasan jaringan komunikasi hal tersebut merupakan sesuatu yang langka,” ucap Cipta.

Dia mengatakan dengan menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC), pemahaman akan program JKN-KIS sangat penting bagi masyarakat di kabupaten Barito Selatan. Masyarakat yang ada di Kecamatan Jenamas karena sebagian besar telah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) baik dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Penerima Upah (PPU) maupun Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

"Masyarakat Jenamas yang kini sebagian besar telah menjadi peserta JKN-KIS diharapkan memahami prosedur, hak dan kewajiban, serta regulasi terbaru yang ada dalam program JKN-KIS sehingga tidak terkendala saat ingin mengakses pelayanan kesehatan nantinya," katanya.

Cipta juga mengingatkan akan  kewajiban peserta untuk dapat  melakukan pembayaran iuran JKN-KIS tepat waktu agar satus kepesertaan terus aktif. Peserta juga diharapkan secara proaktif melaporkan perubahan data kepesertaan baik karena adanya pernikahan, perceraian kematian, kelahiran, perubahan jenis kepesertaan, pindah alamat, maupun pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama.

"Bagi peserta JKN-KIS jangan lupa untuk segera melaporkan jika ada perubahan data, baik dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat atau melalui BPSJ Kesehatan Care Center 1500400 dan aplikasi Mobile JKN,” tambah Cipta.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Netie Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Barito Selatan dan Anthoni yang menjabat sebagai Sekretaris Camat Jenamas. Anthoni sendiri mengapresiasi penuh dengan adanya kegiatan ini.

"Kami menyambut baik adanya kegiatan ini karena sebagian besar masyarakat telah menjadi peserta JKN-KIS namun masih ada yang belum mendapat update informasi program JKN-KIS karena terkendala akses jarak dan jaringan komunikasi. Dari perwakilan berbagai desa yang hadir di sosialisasi ini dapat membawa informasi yang didapat hingga ke pedalaman desanya," ujar Anthoni.           

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :