INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

DPRD Barsel Desak Perbaikan Fender Jembatan Kalahien Sebelum Air Pasang

Selasa, 15 Oktober 2019

Sejak beberapa bulan berlalu, rusaknya Fender jembatan Kalien akibat kapal tongkang milik PT. Indo Jaya Trans Samudra (IJTS) dan PT Asmin Bara Barunang hingga kini masih belum ada perbaikan. Anggota DPRD Barsel Rahmanto Rahman berharap secepatnya ditangani lantaran air sungai barito lagi surut.

“Bukan kita mendesak, namun disayangkan jika air sungai barito kembali pasang kiranya perbaikan fender jembatan Kalahien jadi kurang maksimal,” kata Rahmanto, di Buntok kemarin.

Ia juga mempertanyakan, terkait fender jembatan Kalahien ini sebenarnya untuk leding sektornya Dishub Provinsi Kalteng atau Barsel. Karena posisi jembatan Kalahien berada di Barsel dan kiranya pihak Dishub Barsel lebih mengetahui akan hal ini. “Sebenarnya leding sektor terkait fender jembatan Kalahien ini pihak mana yang lebih berkompeten, agar realisasinya dan solusi sementara ada terkait hal ini,” ucap Rahmanto.

Ia mempertanyakan hal ini lantaran hingga saat ini masih belum ada realisasi perbaikan. “Sangat disayangkan jembatan kalahien merupakan lintas sentral utama untuk empat Kabupaten, jika terjadi hal yang tidak dimungkinkan sangat disayangkan,” ujar Rahmanto.

Rahanto menyarankan, hendaknya pihak Dishub baik Provinsi atau Kabupaten, jangan hanya mendesak saja terkait perbaikan fender jembatan Kalahien namun, bisa memberikan sangsi yang keras sementara fender jembatan kalahien itu belum ada perbaikan. “Misalkan pemberian sangsi untuk sementara tidak boleh melintas sebelum fender jembatan Kalahien belum ada perbaikan,” tegasnya.

Ditambahkan olehnya untuk kedepannya pihaknya berharap kiranya untuk cari aman agar hal yang tidak di inginkan, untuk kapal tongkang yang melintas harus lewat dengan menggunakan jasa asis atau pandu saat melintas.

“Kita berharap untuk setiap tongkang yang lewat kedepannya perlu di pandu saat lewat jembatan Kalahien untuk menghindari dari hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Rahmanto.

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :