INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Desa Bipak Kali di Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) diakui sebagai wilayah hukum adat di Barsel

Selasa, 10 November 2020

 

Bupati Barito Selatan Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. mengatakan, hanya Desa Bipak Kali di Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) yang diakui sebagai wilayah hukum adat di Barsel. "Oleh sebab itu Desa Bipak Kali sudah mendapatkan SK tertulis dari Gubernur Kalteng yakni sekitar 600 hektar wilayah adat,” kata Beliau Senin kemarin.

Kenapa Bipak Kali, Bapak Bupati Barsel mengungkapkan, disebabkan di lokasi tersebut ada situs budaya dan segala macamnya. Mudah-mudahan keberadaan wilayah adat tersebut tidak terganggu oleh kegiatan yang bisa merusak lingkungan dan segala macamnya.

Dalam penetapan wilayah tersebut harus ada pengakuan dari wilayah masyarakat hukum adat itu sendiri. Namun demikian,  tidak bisa sembarangan klaim karena harus berada kawasan masyarakat adat.

Selain itu, harus ada pengakuan dari pemerintah baik oleh pemerintah daerah, provinsi atau pemerintah pusat melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Karena proses pengakuan wilayah masyarakat adat prosesnya panjang dan harus melalui verifikasi dan sebagainya," terang Bapak Bupati Barsel.

Verifikasi tersebut untuk menghindari adanya tumpang tindih kepemilikan lahan dengan masyarakat lain saat pengajuan usulan.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :