INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Demi Wujudkan Kalteng Sebagai Swasembada Pangan, Provinsi Kalteng Salurkan Bantuan

Jumat, 24 Januari 2020

Pemerintah Provinsi Kalteng menyalurkan sejumlah bantuan baik itu bibit maupun alat-alat pertanian, salah satunya kepada petani di Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Demi mewujudkan Provinsi Kalteng sebagai provinsi swasembada pangan.

H Eddy Raya Samsuri, selaku Bupati Barsel mengatakan, sebagai bentuk perhatian Pemprov Kalteng kepada para petani di Barsel adalah dengan diberikannya alat penggilingan padi modern atau Rice Milling Unit (RMU) di Desa Lembeng.

“Jadi wujud peduli pihak provinsi telah menyalurkan bantuan RMU yang ada di desa Lembeng,” kata Eddy Raya, usai peresmian RMU di Desa Lembeng, Kamis (23/1/2020).

Ini sangat berarti bagi Kabupaten Barsel, ungkap Eddy raya, sebab dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng, hanya empat kabupaten saja yang diberikan RMU tersebut, Kabupaten Barsel merupakan salah satu daerah penerima penggilingan padi modern itu.

“Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan dari Gubernur Kalteng dengan menyalurkan RMU ini, semoga menjadi berkah bagi para petani kami dan ini juga merupakan suatu berkah bagi Kabupaten Barsel,” ujar Eddy Raya.

Lanjut Eddy Raya, untuk luasan tanam padi terutama di Kecamatan Dusun Selatan hingga bulan Maret mendatang diprediksi mencapai sekitar 1.080 hektare. Di mana dengan luasan tanam itu dirinya berharap Kabupaten Barsel dapat menjadi salah satu daerah swasembada beras.

“Terlebih lagi dengan diserahkannya satu unit RMU modern ini, sejatinya bisa dimanfaatkan sebaiknya oleh para petani untuk mendukung pengelolaan gabah menjadi beras,” pungkas Eddy Raya.

 

(Sumber : Kanalkalimantan/mr)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :