INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Bupati Sampaikan Substansi Pokok Arahan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Jumat, 26 Februari 2021

 

Buntok-Setelah selesai menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Desa, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan lanjut menggelar kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan. Kali ini giliran Kecamatan Dusun Utara yang menggelar Musrenbang bertempat di Aula SMAN 1 Dusun Utara (Rabu,24/02/2021) lalu.

 

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini merupakan salah satu sarana untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Barito Selatan untuk tahun 2022. Selain itu kegiatan Musrenbang ini dapat dibuat sebagai acuan untuk menentukan kebijakan umum pembangunan yang strategis dan prioritas dalam program pembangunan daerah Kabupaten Barito Selatan Tahun Anggaran 2022 yang akan datang.

 

Ada 3 Tujuan utama dari pelaksanaan Musrenbang itu sendiri yaitu yang pertama adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan. Yang kedua yaitu membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Dan yang terakhir adalah menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasar tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten.

 

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan telah menetapkan arah kebijakan pembangunan tahun 2022 sebagai berikut :

 

1.    Pemantapan pelayanan publik bidang infrastruktur wilayah melalui kebijakan pemantapan kualitas dan kapasitas infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, jaringan PLN, jaringan Telekomunikas, Perhubungan dan infrastruktur lainnya.

 

2.    Pemantapan pelayanan publik bidang pendidikan.

 

3.    Pemantapan pelayanan publik bidang kesehatan.

 

4.    Pemantapan pelayanan publik bidang Pangan, Pertanian dan Perikanan.

 

5.    Peningkatan kemandirian ekonomi daerah.

 

6.   Peningkatan peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam menciptakan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang aman dan tentram.

 

7.    Peningkatan kualitas reformasi birokrasi.

 

Kegiatan Musrenbang di Kecamatan Dusun Utara kali ini dibuka langsung oleh Bupati Barito Selatan Bapak Eddy Raya Samsuri. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan Bapak M. Yusuf Kalem beserta beberapa anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Kasdim 1012 Buntok, TP PKK, Kepala Unit Satuan Kerja lingkup Pemkab. Barito Selatan, Camat Dusun Utara, Perangkat Daerah Kecamatan Dusun Utara, beberapa Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Dusun Utara serta BPD se-Kecamatan Dusun Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan se-Kecamatan Dusun Utara. (FG/Dym-e:is)

 


Simpan sebagai :

Berita terkait :