INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Bupati Barsel Menghadiri Acara Disporabudpar di objek wisata Danau Sanggu

Senin, 4 Maret 2019



 

 

Eddy Raya Samsuri meminta Dinas Pemuda, dan Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) setempat melaksanakan tiga langkah pengembangan pariwisata supaya pariwisata di daerah tersebut bisa maju kedepannya. 

 

“Untuk langkah pertama diminta agar Disporabudpar melakukan eksplorasi objek wisata baru, serta melakukan revitalisasi objek wisata yang ada,” katanya saat menghadiri final lomba menyanyi lagu dangdut di objek wisata Danau Sanggu Buntok, Minggu (3/3/2019).

 

Langkah kedua lanjut dia, mengembangkan koordinasi dengan dinas terkait untuk pemenuhan fasilitas, dan prasarana penunjang objek wisata seperti akomodasi pendukung akses menuju objek wisata, dan lain sebagainya.

 

Sedangkan langkah ketiga yakni menciptakan iklim usaha yang kompetitif disekitar objek wisata, terutama dengan melibatkan UMKM yang ada di daerah ini.

 

“Tiga langkah ini penting dilakukan supaya pariwisata di kabupaten ini kedepannya bisa lebih maju lagi,” kata Eddy Raya Samsuri.

 

Karena kata dia, Barito Selatan banyak memiliki keanekaragaman hayati, dan apabila dikelola dengan baik, dan bijaksana, maka akan mampu memberikan situasi yang menguntungkan bagi masyarakat.

 

“Keanekaragaman hayati tersebut saat ini sedang menjadi trend setter dunia dengan semboyan yang sering kita dengar dengan back to nature,” ucap Eddy Raya Samsuri.

 

Oleh karena itu, kita harus bisa menangkap peluang itu dengan mengolah keanekaragaman hayati, dan objek wisata yang masih alamiah menjadi sesuatu yang mendatangkan keuntungan, baik secara materil, maupun non materil bagi kabupaten ini.

 

Menurut dia, dalam pengembangan objek wisata tentunya memerlukan investasi yang tidak sedikit, dan juga waktu yang tidak sebentar. Investasi yang dimaksud ini bukan hanya modal dari pemerintah kabupaten (Pemkab) atau pihak ketiga, namun investasi yang juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat untuk memelihara, menjaga, dan melestarikan keanekaragaman hayati, dan objek wisata yang kita miliki.

 

Investasi ini juga lanjut dia, memerlukan terobosan, dan inovasi strategi yang up to date dengan didukung sinergitas perangkat daerah, dan instansi terkait.

 

“Dengan demikian, maka keanekaragaman hayati, dan objek wisata yang kita miliki akan memiliki daya saing, dan nilai jual yang layak bagi wisatawan,” kata Eddy Raya Samsuri.