INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Bupati Barito Selatan Safari Nyepi di Desa Tarusan dan Desa Talio.

Senin, 4 Maret 2019



Eddy Raya Samsuri melaksanakan Safari Nyepi didua desa yakni di Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara, dan Desa Talio, Kecamatan Karau Kuala.
Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan hari Nyepi memiliki makna yang sangat penting bagi umat Hindu menjalankan catur brata penyepian sebagai bagian dari upaya pembersihan diri untuk mencapai kebahagiaan dunia, dan akhirat.
“Dalam menyambut tahun baru saka ini, umat Hindu harus memiliki semangat yang baru, jiwa damai serta jiwa yang lebih harmonis sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana,” katanya saat menghadiri Safari Nyepi di Desa Tarusan, dan Desa Talio, Senin (4/3/2019).
Karena didalam Tri Hita Kirana itu lanjut dia, diajarkan untuk mewujudkan, dan menjaga keharmonisan sesama umat manusia, serta menjaga hubungan harmonis dengan alam semesta.
“Dalam Tri Hita Kirana itu juga diajarkan Sradha Bhakti pada tuhan, dan hal itu juga harus bisa diwujudkan dalam tindakan nyata untuk menjaga, dan melestarikan alam disekitar kita,” tambah Eddy Raya Samsuri. 
Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, dan persaudaraan dalam kehidupan majemuk yang beranekaragam suku bangsa, agama, dan ras ini.
“Perbedaan itu bukanlah penghalang bagi kita semua untuk bersatu, dan bukan juga penghalang untuk kita bisa hidup dalam kebersamaan, saling menghormati, saling membantu, serta saling membangun solidaritas sosial yang kokoh,” ucap Bupati.
Perbedaan itu lanjut dia, tidak harus diseragamkan, tidak juga harus ditiadakan, dan bahkan dihilangkan, namun kesemuanya itu harus diikat oleh tali persaudaraan, tali kebersamaan, dan tali persatuan dalam Bhinneka Tunggal Ika.
“Sebab dengan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, maka kita akan tetap bersatu, dan dengan bersatu kita akan maju bersama untuk mencapai kesejahteraan dalam menyongsong masa depan yang gemilang,” kata Eddy Raya Samsuri.
Selain itu Bupati juga menyampaikan, kegiatan safari keagamaan ini dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya.
“Kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dengan masyarakat dalam rangka penjaringan aspirasi, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara rutin, dan berkesinambungan,” demikian Eddy Raya Samsuri.
 Acara Safari Nyepi tersebut dihadiri Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir, dan Camat Dusun Utara, Eka Tinggam, Camat Karau Kuala, Satriansyah, dan sejumlah kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Simpan sebagai :

Berita terkait :