INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Barsel bahas diversifikasi pangan local bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia

Senin, 24 Agustus 2020

Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir turut mengikuti rapat pembahasan diversifikasi pangan lokal yang dilaksanakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui video conference, membahas tentang diversifikasi pangan lokal.

"Pemkab Barito Selatan pada dasarnya sangat mendukung adanya program diversifikasi pangan seperti arahan Menteri Pertanian Republik Indonesia itu," kata Ibu Wakil Bupati Barsel, Rabu lalu.

Beliau mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan akan mengembangkan produk unggulan lokal, karena di daerah ini ada beberapa produk lokal unggulan yang bisa terus dikembangkan.

Adapun produk unggulan lokal yang ada dan akan terus dikembangkan tersebut diantaranya seperti ikan dan jagung yang mana produksinya dalam setiap tahun selalu surplus.

Ibu Wabup mengatakan produk unggulan lainnya yakni nenas parigi dan produk lokal lainnya yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai produk unggulan lokal Barito Selatan.

Sebab, berdasarkan arahan dari Menteri Pertanian, kenyang itu tidak harus makan nasi, tapi dengan memakan selain nasi juga bisa kenyang, sehingga produk unggulan lokal perlu dikembangkan untuk mendukung program tersebut.

"Kita juga mendukung program untuk mengurangi konsumsi nasi yang diganti dengan memakan makanan dari pangan unggulan lokal itu," tambah Ibu Wakil Bupati Barsel.

Menurut beliau, untuk pelaku usaha yang dapat mengembangkan produk unggulan lokal yang ada di Barito Selatan ini tercatat sebanyak 241 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Di tempat yang sama, Sekda Barito Selatan Bapak Edy Purwanto, AP., M.Si. menambahkan bahwa pihaknya akan mendukung program pemerintah pusat berdasarkan hasil video conference itu.

"Kita melalui Dinas Ketahanan Pangan akan memberikan pelatihan-pelatihan, bimbingan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat tentang ketahanan pangan di Barito Selatan ini," Bapak Setda Barsel menerangkan.

Acara video conference yang berlangsung di aula kantor Bupati tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Barito Selatan, Bapak Dekma.

(sumber : kalteng.antaranews.com /e:is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :