INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Barito Selatan Tingkatkan Kuliatas dan Kuantitas Prindustrian Dalam Daerah

Kamis, 2 April 2020

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perindustrian dalam daerah. Pada tahun 2020 ini agar tercipta kualitas dan kuantitas industri dalam daerah yang memiliki kreatifitas dan daya saing dari keluar.

“Kita akan berupaya maksimal guna peningkatan kualitas industri daerah itu,” kata Bupati Barsel Bapak Eddy Raya Samsuri, Rabu (1/4) kemarin.

Menurut Bapak Bupati, Barsel kaya akan hasil alam berupa hutan yang beraneka ragam, sehingga dengan pemanfaatan dan pengolahan tepat guna tentu akan memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakatnya.

Pemkab Barsel melalui dinas terkait harus secara berkesinambungan  melaksanakan beberapa program guna peningkatan kualitas industri daerah ini. Diantaranya, program pelatihan bagi pengrajin lokal serta mendatangkan tenaga pengrajin ahli dari luar daerah guna berbagi pengetahuan guna meningkatkan SDM.

“Bahkan para pengrajin lokal telah beberapa kali mengikuti pelatihan keluar daerah seperti ke Palangka Raya atau ke daerah lain di luar Kalimantan, ini dimaksudkan agar mereka melihat kesenian dunia luar dan peluang usaha, sehingga menumbuhkan kreativitas para pengrajin lokal dalam membuat karya yang lebih baik ke depannya,” terang Bapak Bupati.

Menurut Bapak Bupati, yang tengah menjadi daya tarik atau primadona di Kabupaten Barsel yakni perkebunan karet dan rotan. “Sementara untuk penjualan masih sering dijual dalam keadaan mentah, tanpa adanya sentuhan dan ciri tersendiri dari masyarakat,” ungkap Beliau.

Bupati Barsel Bapak Eddy Raya Samsuri berharap, supaya produk dari  Barsel bisa dikenal oleh masyarakat di luar Barsel, dapat membuat produk unggulan menjadi souvenir.

“Dan lebih terpenting adalah dimana produk tersebut nantinya wajib berbeda dengan produk dari daerah lain. Pasalnya apabila mengalami kesamaan, akan mengalami persaingan yang berat,” pungkas Bapak Bupati.

(Sumber : kaltengpos.co/ib)


Simpan sebagai :

Berita terkait :