INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Bangunan Keperluan Adat Istiadat

Kamis, 21 November 2019

 

Wakil Bupati  Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, Rabu 20 September lalu mengatakan “Mampu menjaga khazanah nilai budaya masyarakat Dayak yang ada di wilayah kita,”.

Peran mantir adat dan damang di Kabupaten Barito Selatan dinilai sangat penting. Pasalnya keberadaan dua unsur itu bisa menjaga budaya leluhur yang terancam terkikis di era modern saat ini.

Orang nomor dua di jajaran Pemkab Barsel itu menjelaskan, upaya peningkatan kader damang dan mantir adat merupakan langkah awal dalam mempertahankan kemajuan daerah.  “Dengan dukungan dari semua pihak, kita yakin hal ini mampu menjadi acuan generasi muda dalam mencintai kebudayaan daerah sendiri,” harapnya.

Menurut Satya, remaja saat ini lebih menyukai budaya luar ketimbang budaya sendiri. Hal inilah yang harus dicegah, agar masyarakat muda tidak kehilangan jati dirinya yang memiliki budaya. Dia  menilai, peran pemangku adat sangat vital. Karena paling mengetahui rentetan sejarah dan budaya yang diwariskan leluhur.

Untuk menunjang hal itu, pemerintah daerah menyediakan sarana dan prasarana penunjang. Dia bnerkata  ”Penyediaan tempat kegiatan serta memanfaatkan bangunan kosong untuk keperluan adat istiadat,”.


Simpan sebagai :

Berita terkait :