INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lini terdepan dalam pembangunan desa

Selasa, 10 November 2020

 

Bupati Barito Selatan Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. mengatakan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan perangkat dari pemerintah desa, termasuk pula ujung tombak pada lini terdepan dalam pembangunan di tingkat desa.

“Maka dari itu peran pengawasan dari BPD sangat diperlukan sekali dalam menunjang lajunya pembangunan di desa,” kata Bapak Bupati Barsel, Senin kemarin.

Bapak Bupati juga mengatakan, lini tersebut juga menjadi rantai terlemah dalam sistem birokrasi pemerintahan daerah. Untuk itu, langkah konkret berupa etos kerja positif serta jalinan koordinasi dan komunikasi harus aktif antar pelaksanaan  pembangunan di desa.

Bapak  Bupati Barsel juga mengatakan, bahwa BPD diminta untuk selalu menjalankan tugas penuh tanggung jawab, mengedepankan loyalitas dan semangat pengabdian yang tinggi. “Termasuk pula mewujudkan pemberdayaan dan penyejahteraan masyarakat,” pinta beliau.

Beliau mengimbau, supaya BPD diwajibkan mempererat jalinan kerjasama bersama tokoh masyarakat, agama, pemuda serta seluruh komponen masyarakat desa. “BPD bisa mengedepankan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan umum,” pinta beliau tegas.

Bapak Bupati Barsel mengingatkan, agar  BPD berpegang pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal itu bertujuan untuk  menjamin terarahnya sistem birokrasi, serta menghindari kesan pengutamaan kepentingan pribadi diatas masyarakat.

“Mantapkan koordinasi bersama pemerintah kecamatan dan kabupaten untuk menyamakan misi roda pemerintahan dari tingkat bawah hingga atas,” pinta beliau.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :