INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

Aparatur Desa Harus Maksimal Dalam Setiap Perencanaan

Rabu, 24 Juni 2020

 

Sekretaris Daerah (Setda) Barsel Bapak Edy Purwanto, AP., M.Si. mengatakan, sangat diperlukan pengelolaan keuangan bagi aparat desa. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) minta kepada semua aparat desa untuk lebih maksimal dalam setiap perencanaan, agar target yang diinginkan bisa tercapai sempurna.

Menurut Bapak Setda Barsel, desa memiliki peran sentral dalam menunjang kesuksesan pembangunan daerah. Yaitu sebagai tempat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Walaupun dalam kenyataannya banyak pengelolaan keuangan desa yang belum memiliki manajemen yang baik. “Sehingga sering terjadi kesimpangsiuran data,” kata beliau, Selasa (23/6) kemarin.

Bapak Setda Barsel mengungkapkan, Perlu diketahui, alokasi Dana Desa (ADD) merupakan dana untuk membangun fasilitas di suatu desa serta untuk membantu kesejahteraan masyarakatnya. “Karena berdasarkan ketentuan dari Pemkab Barsel sesuai porsinya, 30 persen untuk operasional dan 70 persen untuk pemberdayaan masyarakat,” tegas beliau.

Beliau menjelaskan, ADD tersebut bukan milik pribadi atau pemegang dana di suatu desa, sehingga harus dikelola sesuai peruntukan yang sudah ditetapkan. Dengan adanya program–program pembangunan lainnya,  sudah tentu sangat membantu majunya pembangunan di tingkat desa.

“Karena program –program lain dari pihak ketiga yang dilaksanakan setiap tahun sangat didukung dan disambut baik oleh pemerintah daerah, karena mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa,” ujar Setda Barsel Bapak Edy Purwanto, AP., M.Si.

Hartapan kedepan dengan besarnya ADD setiap tahun yang dianggarkan, agar bisa dipergunakan aparat desa sesuai peruntukannya.

(sumber : kaltengpos.co/is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :