INFO
  •  Selamat datang di website resmi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan 
  •  Dahani Dahanai Tuntung Tulus 

ADD dalam Implementasi pembangunan di wilayah desa

Jumat, 9 Oktober 2020

 

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (barsel) tidak hanya memfokuskan pembangunan di perkotaan, namun juga lebih menekankan untuk pedesaan. Karena pedesaan merupakan salah satu area yang harus terus dipacu pembangunannya. Sebab keberhasilan pembangunan tak lepas dari kemajuan infrastruktur sarana dan prasarana di desa.

“Adanya Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah, diharapkan implementasinya dapat benar-benar menyentuh pembangunan di wilayah desa,” pinta Wakil Bupati Barsel Ibu Satya Titiek Atyani Djoedir, Kamis (8/10) kemarin.

Ibu Wakil Bupati Barsel mengatakan, melalui ADD diharapkan akan ada pembangunan yang riil, tetapi hendaknya pihak desa sendiri, jangan menyamakan porsi anggaran pembangunan yang sama dengan Kabupaten, sehingga tidak ada kesan memaksakan dalam implementasi program tersebut nantinya.

“Pelaksanaan pembangunan akan disesuaikan dengan harapan masyarakat sendiri, sehingga dalam pengerjaan, ada program prioritas,” terang Ibu Wakil Bupati Barsel. 

Beliau menilai, pelaksanaan ADD merupakan upaya pemerintah Kabupaten dalam memberikan ruang kepada pemerintahan desa, dari segi unsur pelaksanaan serta pelimpahan kewenangan, sehingga melalui alokasi dana yang ada, pembangunan desa dapat terus dipacu.

“Alokasi dana tersebut diharapkan bisa mempercepat proses percepatan pembangunan, agar di daerah kita tidak ada desa tertinggal,” ungkap beliau.

Ibu Wakil Bupati Barsel menambahkan, dengan ADD, akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, sehingga akan berpengaruh besar terhadap program Pemerintah dalam pemberantasan kemiskinan di tingkat desa. 

Dalam penentuan pokok program, akan dibentuk tim, yang akan mengakomodir dan menginventarisasi setiap aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Mengenai pelaksanaan investasi di lapangan, kehadiran investor di Barsel memang diperlukan agar dapat mempercepat proses pembangunan.

Maka dari itu, dengan kehadiran investor dapat dipastikan secara nyata memberikan kesempatan lapangan kerja, serta dapat memberikan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Barito Selatan , Namun sebelum beroperasinya investor diharuskan agar melakukan sosialisasi di sekitar di wilayah tempat operasional terlebih dahulu.

(sumber : kaltengpos.co/e:is)


Simpan sebagai :

Berita terkait :